BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 07 September 2009

Stuktur dan Bagian Tubuh Tumbuhan

Tumbuhan berfungsi sebagai produsen, yaitu penyedia makanan bagi organisme lain. Berdasarkan jumlah sel penyusun tubuh, tumbuhan di bedakan menjadi tumbuhan bersel satu (uniseluler) dan tumbuhan bersel banyak (multiseluler). Tumbuhan bersel banyak dibedakan menjadi tumbuhan tingkat tinggi dan tumbuhan tingkat rendah. Tumbuhan tingkat tinggi telah mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Sedangkan tumbuhan tingkat rendah belum mempunyai, akar, batang dan daun sejati.

Struktur bagian tumbuhan terdiri atas akar,batang,daun,bunga,buah dan biji.

A. Struktur dan fungsi Akar

Di dalam biji sudah terdapat calon akar yang disebut akar lembaga (radikula). Pada perkembangan selanjutnya kalau biji mulai berkecambah sampai menjadi tumbuhan dewasa, akar lembaga dapat memeperlihatkan perkembangan yang berbeda sehingga pada tumbuhan dibedakan menjadi dua macam sistem perakaran yaitu Akar tunggang dan akar serabut.
- akar tunggang adalah akar lembaga yang terus tumbuh memebesar dan memanjang. Tumbuhan dikotil memiliki sistem akar tunggang.
- Akar serabut adalah akar yang timbul dari pangkal batang sebagai pengganti akar yang mati. Tumbuhan monokotil memiliki sistem akar serabut.

1. Jaringan Penyusun Akar

a. Epidermis merupakan lapisan terluar akar. Sel-sel epidermis dapat tumbuh menonjol di tempat-tempat tertentu membentuk rambut akar yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dan mineral dari dalam tanah.
b. Korteks, berperan sebagai daerah penyimpanan cadangan makanan.
c. Endodermis, berperan dalam pengaturan jalannya air dan mineral dari korteks ke silinder pusat.
d. Silinder pusat, berisi jaringan pengangkut. Jaringan pengangkut terdiri atas pembuluh kayu (xilem) dan akar menuju batang dan daun. Floem befungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Bagian akar yang aktif melakukan pembelahan disebut maristem.

Fungsi Akar:
- Menegakkan tumbuhan pada tempat tubuhnya.
- Menyarap air dan mineral dan yang larut dalam tanah.
- Tempat menyimpan cadangan makanan.

0 komentar: